Home » , , » Penyebab Penyakit Wasir (Ambeien)

Penyebab Penyakit Wasir (Ambeien)

Wasir adalah suatu kondisi dimana bibir anus mengalami pembengkakan akibat pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah balik (vena) di daerah anus.

Ada 2 tipe wasir, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Wasir dalam timbul pada saluran usus yang dilapisi selaput lendir dan terjadi pembengkakan di dalam anus. Pada wasir luar, pembengkakan pembuluh darah vena terjadi di luar dan wasir menonjol keluar dari rektum sehingga terlihat di sekitar anus. 

Penyebab Wasir
Sering sembelit dengan adanya penekanan feses yang keras pada usus disertai pemaksaan pada waktu mengejan mengakibatkan pembesaran pada pembuluh darah vena yang berakibat wasir.

Wasir juga dapat disebabkan oleh pekerjaan yang menuntut duduk terlalu lama, sering mengangkat beban terlalu berat, kegemukan, hubungan seks melalui anus, infeksi anal atau rektal, dan tekanan pada usus akibat pembesaran rahim pada masa kehamilan.

Penyebab tidak langsung yang dapat memicu wasir adalah stres. Stres menyebabkan gangguan pada organ-organ pencernaan dan kelenjar-kelenjar endokrin sehingga mengakibatkan sembelit dan akhirnya menyebabkan wasir.

Semua penyebab tersebut menyebabkan pembuluh darah dalam unus membesar dan membengkak. Jika hal tersebut dibiarkan, maka  akan terjadi perdarahan. 

Gejala dan Pencegahan Wasir
Berikut adalah beberapa gejala wasir yang sering dirasakan oleh para penderitanya.

Nyeri dan gatal yang disertai rasa panas pada dubur.
Dalam banyak kasus, darah keluar bersama tinja pada saat buang air besar. 
Adanya tonjolan yang keluar dari rektum pada saat buang air besar. 
Untuk mencegah wasir, Anda dapat melakukan hal-hal berikut. 

Konsumsi makanan yang berserat.
Jangan makan makanan yang bersifat panas dan mengandung lemak (penyebab sembelit) seperti makanan pedas, daging, jeroan, dan juga junk food.
Hindari penyebab dehidrasi seperti alkohol dan perbanyaklah minum air putih atau buah-buahan yang berair dan olahraga secara teratur.
Jangan menahan untuk buang air besar.
Kontrol asupan garam. 
Kelebihan garam dalam makanan menyebabkan menyusutnya cairan, menyebabkan pembengkakan di semua pembuluh darah dan dapat memperparah wasir.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Pengobatan Wasir Super Hebat. All rights reserved.
New CTR Adsense Designed by SL Blogger and Creating Website . Powered by Blogger